Sebuah Pelajaran Besar Telah Kutemukan Hari Ini...!
-Alimudin Garbiz
Pada saat ujian, ada beberapa mahasiswa yang protes kepada sebagian dosen. Sebab materi yang diujikan tak sesuai dengan apa yang diajarkan di perkuliahan. Ternyata, tidak mudah menjadi guru/dosen yang baik itu. Ada beberapa kriteria menjadi guru/dosen profesional diantaranya seorang pendidik harus mempunyai kompetensi pedagogik, profesional, kepribadian dan sosial.
Dosen yang mengajarnya berhenti di tengah jalan. Dengan berbagai alasan dan kesibukan. Terlepas berbagai alasan tersebut, hal ini tentu merepotkan bagi kita sebagai pengelola dan penanggung jawab proses pembelajaran. Kadang-kadang, sebagain dosen, dikasih jadwal masalah, tidak dikasih juga masalah. karena yang bersangkutan sudah mendapatkan beasiswa tentu dengan rekomendasi lembaga dengan segala konsekwensinya.
Mahasiswa sekarang semakin kritis dan melek. sehingga mereka meminta proses pembelajaran yang baik.
Walau kadang-kadang, kita juga dihadapkan pada mahasiswa yang berbeda karakter. Tentu ada flksibilitas, sebab jika kita terlalu rajin, mahasiswa yang pemnmalas tak suka, jika kita malas mahasisw ayang rajin merasa rugi.
Pada akhirnya, menjadi guru atau dosen perlu perispan yang benar-benar bagus bagi adanya proses pembelajaran yang baik.
dianatara yang menjadi bahan evaluasi bagi guru atyau dosen sebagai berikut :
Jurusan/Prodi : PAI/PGMI Mata
Kuliah : ………………………………
Dosen : Kelas : ………………………………
PETUNJUK :
·
Tiap nomor
hanya boleh ada satu lingkaran jawaban / pendapat terhadap
aspek-aspek dalam tabel berikut dengan
kriteria rentang skor 1 sampai dengan 5:
1 = sangat
tidak baik/sangat rendah/tidak pernah/tidak lengkap
2 = tidak
baik/rendah/jarang/kurang lengkap
3 =
biasa/cukup/kadang-kadang/cukup lengkap
4 =
baik/tinggi/sering/lengkap
5 = sangat
baik/sangat tinggi/selalu/sangat lengkap
I. KOMPETENSI PEDAGOGIK
No.
|
Butir-butir yang Dinilai
|
Penilaian
|
||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
||
1.
|
Kesiapan memberikan
kuliah dan atau praktik
|
|
|
|
|
|
2.
|
Keteraturan dan
ketertiban penyelenggaraan perkuliahan
|
|
|
|
|
|
3.
|
Kemampuan
menghidupkan suasana kelas
|
|
|
|
|
|
4.
|
Kejelasan
penyampaian tujuan pembelajaran, materi dan
jawaban terhadap pertanyaan di kelas
|
|
|
|
|
|
5.
|
Pemanfaatan media dan teknologi pembelajaran
|
|
|
|
|
|
6.
|
Pemberian tugas
terstruktur (paper, rangkuman, latihan soal/pemecahan masalah, dll)
|
|
|
|
|
|
7.
|
Pemberian umpan balik terhadap tugas (pengembalian
tugas)
|
|
|
|
|
|
8.
|
Kesesuaian materi ujian dan/atau tugas dengan tujuan
kompetensi mata kuliah
|
|
|
|
|
|
9.
|
Kesesuaian nilai yang diberikan dengan hasil belajar
|
|
|
|
|
|
|
Jumlah Skor I
|
|
|
|
|
|
II.
KOMPETENSI
PROFESIONAL
No.
|
Butir-butir yang Dinilai
|
Penilaian
|
||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
||
1.
|
Penguasaan terhadap
materi pembelajaran
|
|
|
|
|
|
2.
|
Kemampuan
menjelaskan pokok bahasan/topik secara sistematis
|
|
|
|
|
|
3.
|
Kemampuan memberi contoh relevan dari konsep yang
diajarkan
|
|
|
|
|
|
6.
|
Kemampuan
menjelaskan keterkaitan bidang/topik yang diajarkan dengan konteks kehidupan
|
|
|
|
|
|
7.
|
Penguasaan akan
isu-isu mutakhir dalam bidang yang diajarkan
|
|
|
|
|
|
8.
|
Penggunaan
hasil-hasil penelitian untuk meningkatkan kualitas pembelajaran
|
|
|
|
|
|
9.
|
Kemampuan menggunakan beragam teknologi komunikasi untuk pengkayaan materi ajar
|
|
|
|
|
|
|
Jumlah Skor II
|
|
|
|
|
|
III.
KOMPETENSI
KEPRIBADIAN
No.
|
Butir-butir yang Dinilai
|
Penilaian
|
||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
||
1.
|
Rasa percaya diri
akan kemampuan mengajar
|
|
|
|
|
|
2.
|
Kewibawaan sebagai
pribadi dosen
|
|
|
|
|
|
3.
|
Kearifan dalam mengambil
keputusan (menyelesaikan persoalan mahasiswa)
|
|
|
|
|
|
4.
|
Menjadi contoh
dalam bersikap dan berperilaku
|
|
|
|
|
|
5.
|
Satunya kata dan
tindakan (konsisten)
|
|
|
|
|
|
6.
|
Kemampuan
mengendalikan diri dalam berbagai situasi
|
|
|
|
|
|
7.
|
Adil dalam
memperlakukan mahasiswa
|
|
|
|
|
|
|
Jumlah Skor III
|
|
|
|
|
|
IV. KOMPETENSI SOSIAL
No.
|
Butir-butir yang Dinilai
|
Penilaian
|
||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
||
1.
|
Kemampuan menerima
kritik, saran, dan pendapat orang lain
|
|
|
|
|
|
2.
|
Kesediaan
meluangkan waktu untuk konsultasi di luar kelas
|
|
|
|
|
|
3.
|
Mengenal dengan
baik mahasiswa yang mengikuti kuliahnya
|
|
|
|
|
|
4.
|
Mudah bergaul
dengan segenap civitas (termasuk dengan mahasiswa)
|
|
|
|
|
|
5.
|
Toleransi terhadap
keberagaman mahasiswa
|
|
|
|
|
|
|
Jumlah Skor IV
|
|
|
|
|
|
V. Saran dan kritik
anda berkaitan dengan aspek suasana perkuliahan
No comments:
Post a Comment