Saturday, February 2, 2013

Tantangan Menjadi Guru dan Dosen Profesional

Sebuah Pelajaran Besar Telah Kutemukan Hari Ini...! 
 -Alimudin Garbiz

Pada saat ujian, ada beberapa mahasiswa yang protes kepada sebagian dosen. Sebab materi yang diujikan tak sesuai dengan apa yang diajarkan di perkuliahan. Ternyata, tidak mudah menjadi guru/dosen yang baik itu. Ada beberapa kriteria menjadi guru/dosen profesional diantaranya seorang pendidik harus mempunyai kompetensi pedagogik, profesional, kepribadian dan sosial.

Dosen yang mengajarnya berhenti di tengah jalan. Dengan berbagai alasan dan kesibukan. Terlepas berbagai alasan tersebut, hal ini tentu merepotkan bagi kita sebagai pengelola dan penanggung jawab proses pembelajaran. Kadang-kadang, sebagain dosen, dikasih jadwal masalah, tidak dikasih juga masalah. karena yang bersangkutan sudah mendapatkan beasiswa tentu dengan rekomendasi lembaga dengan segala konsekwensinya.
Mahasiswa sekarang semakin kritis dan melek. sehingga mereka meminta proses pembelajaran yang baik.
Walau kadang-kadang, kita juga dihadapkan pada mahasiswa yang berbeda karakter. Tentu ada flksibilitas, sebab jika kita terlalu rajin, mahasiswa yang pemnmalas tak suka, jika kita malas mahasisw ayang rajin merasa rugi.
Pada akhirnya, menjadi guru atau dosen perlu perispan yang benar-benar bagus bagi adanya proses pembelajaran yang baik.
dianatara yang menjadi bahan evaluasi bagi guru atyau dosen sebagai berikut :

Jurusan/Prodi       : PAI/PGMI                                                              Mata Kuliah           : ………………………………
Dosen                     :                                                                               Kelas                      : ………………………………
 

PETUNJUK : 
·       Tiap nomor hanya boleh ada satu lingkaran jawaban / pendapat terhadap aspek-aspek dalam tabel berikut dengan kriteria rentang skor 1 sampai dengan 5:
1 = sangat tidak baik/sangat rendah/tidak pernah/tidak lengkap
2 = tidak baik/rendah/jarang/kurang lengkap
3 = biasa/cukup/kadang-kadang/cukup lengkap
4 = baik/tinggi/sering/lengkap
5 = sangat baik/sangat tinggi/selalu/sangat lengkap

I.  KOMPETENSI PEDAGOGIK
No.
Butir-butir yang Dinilai
Penilaian
1
2
3
4
5
1.
Kesiapan memberikan kuliah dan atau praktik





2.
Keteraturan dan ketertiban penyelenggaraan perkuliahan





3.
Kemampuan menghidupkan suasana kelas





4.
Kejelasan penyampaian tujuan pembelajaran, materi dan jawaban terhadap pertanyaan di kelas





5.
Pemanfaatan media dan teknologi pembelajaran





6.
Pemberian tugas terstruktur (paper, rangkuman, latihan soal/pemecahan masalah, dll)





7.
Pemberian umpan balik terhadap tugas (pengembalian tugas)





8.
Kesesuaian materi ujian dan/atau tugas dengan tujuan kompetensi mata kuliah





9.
Kesesuaian nilai yang diberikan dengan hasil belajar






Jumlah Skor I





II.  KOMPETENSI PROFESIONAL
No.
Butir-butir yang Dinilai
Penilaian
1
2
3
4
5
1.
Penguasaan terhadap materi pembelajaran





2.
Kemampuan menjelaskan pokok bahasan/topik secara sistematis





3.
Kemampuan  memberi contoh relevan dari konsep yang diajarkan





6.
Kemampuan menjelaskan keterkaitan bidang/topik yang diajarkan dengan konteks kehidupan





7.
Penguasaan akan isu-isu mutakhir dalam bidang yang diajarkan





8.
Penggunaan hasil-hasil penelitian untuk meningkatkan kualitas pembelajaran





9.
Kemampuan menggunakan beragam teknologi komunikasi untuk pengkayaan materi ajar   






Jumlah Skor II





III.  KOMPETENSI KEPRIBADIAN
No.
Butir-butir yang Dinilai
Penilaian
1
2
3
4
5
1.
Rasa percaya diri akan kemampuan mengajar





2.
Kewibawaan sebagai pribadi dosen





3.
Kearifan dalam mengambil keputusan (menyelesaikan persoalan mahasiswa)





4.
Menjadi contoh dalam bersikap dan berperilaku





5.
Satunya kata dan tindakan (konsisten)





6.
Kemampuan mengendalikan diri dalam berbagai situasi





7.
Adil dalam memperlakukan mahasiswa






Jumlah Skor III





IV.  KOMPETENSI SOSIAL
No.
Butir-butir yang Dinilai
Penilaian
1
2
3
4
5
1.
Kemampuan menerima kritik, saran, dan pendapat orang lain





2.
Kesediaan meluangkan waktu untuk konsultasi di luar kelas





3.
Mengenal dengan baik mahasiswa yang mengikuti kuliahnya





4.
Mudah bergaul dengan segenap civitas (termasuk dengan mahasiswa)





5.
Toleransi terhadap keberagaman mahasiswa






Jumlah Skor IV






V. Saran dan kritik anda berkaitan dengan aspek suasana perkuliahan

No comments:

Post a Comment

Tolak Reaktivasi, Masyarakat siap "Jumroh" ke Gedung Sate

Forum Paguyuban Tanah Rel (FPTR) Garut yang terdiri dari para RW dan Tokoh menyelenggarakan Musyawarah dan penyikapan terhadap Rencana Reakt...